ahlan wasahlan

assalamu'alaikum wr.wb

Selasa, 20 November 2012

keistimewaan Sujud

Keistimewaan Dibalik Sujud

sumber : Matapena.com
Mengexpose berita nyata yang mengurai ketaqwaan







Keistimewaan dibalik sujud

Sujud adalah salah satu rukun solat , serta sujud juga adalah tulang sumsumnya ibadah solat. Lalu apa hikmah yang kita dapatkan dari sujud dan keistimewaan apa yang kita dapatkan .
Sesuai sabda nabi saw,”hendak lah engkau banyak bersujud semata-mata karena allah ,sesungguh nya jika tiap kali engkau bersujud maka allah mengangkat mu satu derajat , setiap kali engkau  maka allah menghapuskan dosa darimu.”(HR. Muslim)

Dalam kaitan ini satu hadits menjelaskan “ saa tyang paling dekat seorang hambah dengan tuhanya adalah saat ia sujud , maka perbanyak lah do’a( pada saat sujud)”(HR. Muslim) .
Namun di riwayat lain dicertakan Abu firas bin ka’b al-islami adalah seorang pria yang sering melayani Rosulallah saw. Karena sering nya ,suatu ketiak Rosulallah saw. Bermaksud membalas budi nya, denga memberi seseuatu yang sifatnya material dalam jangkauan beliau .
Beliau bersabda “wahai abu firas minta lah sesuatu kepadaku.”mendengar demikian langsung saja abu firas berkata”aku meminta kiranya aku menemani mu disurga,”. Nabi saw ter peranjat karena yang dimintanya surga .” minta lah yanglain .” jawab nabi mengelak. “tidak, tidak adayang lain selain itu, wahai rosul ‘’ abu firas, memaksa.. “ jika demikian bantulah aku( guna memperoleh permintaanmu itu ) dengan memperbanyak sujud “, demikian rosulallah berpesan kepadanya (HR. Muslim) .
Dalam hadits yang sama diriwayatkan oleh sahabat nabi yanglain tsauban menurut rosulallah .pernah menyampaikan sesuatu bahwa enkau memperbanyak sujud ,karena tidak lah enkau sujud karena allah ,kecuali mengangkat dengan sujud itu satu derajat dan menggugurkan dosa”.

HIKMAH DARI SUJUD SYUKUR
Sujud syukur adalah sujud yangmana sebagai ungkapan terimakasi kepada Allah swt . karena telah mendapat nikamat dan keuntungan atau karena terhindar dari bahaya kesusaha yang besar . sujud syukur hukum nya sunah , ada pun dalil nya ,”sesungguh nya telah datang kepada rosulallah saw. Sesuatu yang menggembirakan atau kabar suka beliau ,belau langsung bersujud berterimakasih kepada Allah swt.”(HR.Abudaud dan Atirmidzi dari AbuBakrah)

Lalu apa keuntungan atau hikmah yang kita dapat dari hal itu ?

Beberapa aspek perlu ditelaah adalam ilmiah , ketika batin kita dalam kondisiyang menerima akan sesuatu yang bernilai positif maka , nilai plus dari sujud itu akan terasa lebih maksimal apayang kita dapat kan ,yakni;

  1. Akan lebih matapnya iman seseorang terhadap yang maha memberi, sehingga akan timbul usaha yang lebih maksimal lagi dari hal ini dan lebih maksimal lagi dalam berdo’a dari hari ini
  2. Setimulus dalam spiritual quetiet atau sering disebut (SQ) akan lebih meningkat sehingga mengikat energy dalam jiwa dan menghimpun dan bercampur dengan emosional quetiet (EQ) dan terus dialirkan ke otak sehingga timbul ketenangan dan kerilexan dalam jiwa dan batin . ini akan memberikan kesehatan jiwa dan raga.
  3. Menurunnya tensi darah yang tinggi sehingga timbul, setabilnya hb(hemogrobin) dalam sel darah merah.
  4.  Dapat meningkat kan produktivitas kelenjar epipihyse dan kelenjar hipophyse ,dimana berfungsi meredakan sakit panas,tumor kangker,keletihan ,sakit epilepsy dll. Karena duatitik syaraf yang terletak di ibujari kaki yakni dua kelenjar tersebut tertekan secara alamiah dan melakukan proses pemijatan alamiah.
  5.  Melancarkan darah ke otak sehingga. Darah yang membawa oksigen ke otak lebih maksimal sehigga , peredaran darah akan lebih baik .
Sujud adalah nilai plus dari suatu ibadah dan sujud adalah symbol penghormatan kita kepada yang maha kuasa.
Demikian lah hikmah yang terkandung dalam sujud .Adapun hikmah-hikmah yang terkandung didalam nya masih banyak. Namun belum sempat saya tulis itulah ,kelemahan dari saya pribadi yang mungkin masih banyak hal yang belum saya ketahui, adalah sesuatu yang mungkin anda bisa kembangkan lebih jauh. Karena ,seyogyanya manusia biasa yang tidak lebih pintar dari yang Maha pintar.

Dan sesungguh nya manusia hanya diberi sedikit saja penggetahuan ,oleh karenanya saya mengajak kepada kaum muslimin yang ber ilmu ; MARIH KITA TEGAS KAN PADA DUNIA TENTANG ISLAM, DAN KITA PERDALAM KEILMUAN YANG KITA MILIKI, DAN KITA EXPOSE APAYANG KITA PUNYA DAN GALIH APAYANG KITABELUM DI TEMUKAN DEMI ALLAH, ILMU KITA AKAN BERMANFA’AT DAN AKAN MENJADIKAN TAMBANG –TAMBANG EMAS YANG MENOLONG KITA KETIKA KITA AKAN TERPELOSOK JATUH KEDALAM JURANG API NAR.NAUZUBILAH TSUMA NAUZUBILAH. DAN JANGAN MERASA CUKUP APA YANG SAYA UNGKAPKAN INI MUNGKIN ANDA LEBIH BISA MEMBUKA DAN MENG EXPOSE SESUATU YANG LEBIH MENYCENGANGKAN PENDUDUK DUNIA. DAN SAYA YAKIN ANDALAH ORANG NYA.

2 komentar: